iklan header

Sejarah Perkembangan Jaringan Kabel dan Wifi

Jaringan kabel sudah lama ada dan merupakan jaringan pertama. Bahkan sampai saat ini banyak yang masih menggunakan jaringan kabel misalkan internet dengan menggunakan kabel fiber optic yang memiliki kecepatan sangat cepat dan juga ada kabel telepon yang masih digunakan sampai saat ini walaupun sudah ada handphone yang menggunakan jaringan Wi-Fi.

Kecepatan jaringan kabel dan wifi

Penggunaan jaringan kabel yang menurut admin tidak fleksibel, dikarenakan membutuhkan banyak tempat dan penataannya pun biasanya semrawut. Apalagi jika bertabrakan dengan pepohonan maka takutnya jika pohon ini tumbang akan mengenai kabel jaringan tersebut. Maka dari itu penggunaan jaringan Wi-Fi untuk sekarang ini masih melejit berkembang dengan cepat.

Ada banyak hal yang penting dan perlu diperhatikan pada jaringan Wi-Fi dan masalah kecepatan adalah salah satu utama yang dihadapi. Dengan ambisi menggantikan jaringan kabel yang tidak fleksibel, jaringan Wi-Fi berusaha mendapatkan merebut dan menghilangkan jaringan kabel dengan jaringan wireless namun apakah hal tersebut bisa dilakukan?

Dimulai pada tahun 1995 dimana jaringan kabel ethernet telah mencapai kecepatan 100 Mbps, jaringan Wi-Fi muncul setelahnya yaitu pada tahun 1997 melalui spesifikasi 802.11 yang hanya memiliki kecepatan sebesar 2 Mbps. Bagaimana mungkin perbedaan itu bisa menggantikan jaringan kabel? Tentu tidak, karena perbandingan kecepatan jaringan Wi-Fi yang hanya 1/50 dari kecepatan jaringan kabel.

Pada tahun 1999 dikeluarkanlah spesifikasi Wi-Fi 802.11b yang memiliki kecepatan 11 Mbps. Lumayan namun kecepatan ini masih sekitar 1/10 dari kecepatan jaringan kabel. Namun pada tahun yang sama, kecepatan Wi-Fi melalui 802.11a sudah mampu mencapai 54 Mbps. Sekarang perbandingan kecepatan Wi-Fi hanya 1/2 dengan jaringan kabel.

Pada tahun 1999, jaringan kabel melalui spesifikasi yang lebih baru mampu mendapatkan kecepatan 1 Gbps dan kini jaringan Wi-Fi tampak seperti siput kembali.

Pada tahun 2003, jaringan Wi-Fi mendapatkan spesifikasi baru lagi yaitu 802.11g yang walaupun masih dengan kecepatan 54 Mbps, namun kini ia lebih mudah diadopsi oleh pasar karena kompatible dengan 802.11b.

Pada tahun 2003, jaringan kabel kembali mendapatkan upgrade dengan spesifikasi baru yang memungkinkan jaringan kabel mendapatkan kecepatan sampai dengan 10 Gbps.Sementara itu, Wi-Fi masih berkutat pada kecepatan 54 Mbps yang artinya hanya sekitar 1/200 kecepatan dibandingkan dengan jaringan kabel.

Para engineer terus bekerja untuk mendapatkan kecepatan lebih tinggi dan pada tahun 2009 dikeluarkan spesifikasi baru yang memungkinkan Wi-Fi untuk bekerja pada kecepatan 600 Mbps melalui spesifikasi 802.11n. Walaupun masih kalah jauh dibandingkan dengan jaringan kabel atau sekitar 1/20 kali kecepatannya, penigkatan kecepatan ini termasuk signifikan.

Peningkatan kecepatan Wi-Fi tidak berhenti. Namun, tetap berlanjut demi mengejar kecepatan yang semakin tinggi dan tinggi. Pada tahun 2014, dikeluarkan spesifikasi 802.11ac yang secara teori mampu memberikan kecepatan sampai dengan 7 Gbps. Kecepatan yang hanya sekitar 1/3 dari kecepatan kabel ini tentu membuat ketertinggalan Wi-Fi  menjadi semakin dekat dengan kabel.

Sampai kapan perlombaan ini akan berakhir? tidak ada yang tahu dan mungkin tidak akan pernah berhenti sesuai dengan sifat manusia yang memang tidak pernah puas. Tetapi sifat itu bagus karena dengan tidak puas maka akan terus berkembang dengan teknologi yang lebih canggih lagi.

Terima kasih :)

0 Response to "Sejarah Perkembangan Jaringan Kabel dan Wifi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel